4 Penyebab Mobil Sulit Di Starter Yang Sering Dialami Pemilik Mobil

4 Penyebab Mobil Sulit Di Starter Yang Sering Dialami Pemilik Mobil - Pada umumnya setiap kendaraan memiliki sistem starter yang berfungsi untuk menghidupkan mesin, biasanya itu kita lakukan pada saat pagi hari akan berangkat kerja atau saat bepergian menggunakan kendaraan kesayangan kita.

Namun sayangnya seringkali kita mengalami kendala pada saat menghidupkan mesin seperti mesin susah hidup, mesin sulit di starter hingga mesin hidup tapi mati lagi dengan sendirinya.

Tentu hal tersebut sangat menganggu bukan? Apalagi pada saat kita terburu-buru, duhh jadi pengen ganti mobil yang baru.

Eitss tenang, jangan terburu-buru buat ganti kendaraan baru. Mau apa melupakan kenangan manis dengan mobilmu? Lebih baik diperbaiki saja dulu, mudah kok jika kita sudah mengetahui letak permasalahannya. Paling sering terjadi sih di 2 tempat, kalau tidak akinya yang soak ya motor starter nya yang rusak.

Nah mungkin artikel dibawah ini akan membantu Anda dalam menemukan letak permasalahannya dan mengatasi mobil sulit di starter.

Penyebab Mobil Sulit di Starter


Penyebab mobil sulit di starter
Penyebab mobil sulit di starter

1. Aki Tekor

Penyebab pertama yang paling sering terjadi adalah aki yang soak, starter dapat bekerja dengan baik apabila mendapat supply arus dari baterai. Ketika supply listrik ini tidak mencukupi, tentu saja motor starter tidak bekerja dengan baik dalam memutar engkol.

Salah satu ciri utama aki tekor adalah suara starter yang tersendat sendat seperti .. ngek... ngek.. ngek. Tapi jika starter dapat berputar terus namun mesin mobil tetap tidak hidup juga, mungkin disebabkan oleh masalah yang lainnya.

2. Sistem Starter Bermasalah

Sistem starter berguna untuk menghidupkan mesin dengan memanfaatkan energi listrik dari baterai dan dirubahnya menjadi energi putar oleh motor starter.

Sistem starter bermasalah ini bisa menyebabkan mobil sulit di starter. Kondisi yang sering terjadi adalah :
  • Motor starter rusak
  • Armature terbakar
  • Brush motor starter aus
  • Magnetic Switch rusak
  • Kunci kontak rusak

3. Sistem Bahan Bakar

Mobil sulit di starter juga bisa disebabkan oleh sistem bahan bakar yang bermasalah, hal ini dikarenakan supply yang tidak maksimal. Bisa disebabkan oleh injector yang mampet, filter bensin yang tersumbat atau sensor-sensor yang mengalami masalah.

Jika pada mesin yang masih menggunakan karburator, setelan angin dan campuran yang tidak pas juga bisa membuat mesin sulit hidup.

4. Sistem Pengapian


Sistem pengapian bertanggung jawab untuk menyediakan pengapian, outputnya adalah percikan busi guna membakar campuran udara dan bahan bakar. Bayangkan jika busi ini mati, tentu tidak akan bisa membakar campuran udara dan bahan bakar bukan?

Jika matinya cuma 1, mungkin mobil masih hidup. Tapi jika 2 atau bahkan 3 busi sekaligus, mesin mungkin sudah kwalahan untuk dapat hidup.

Kurang lebih itu adalah 4 penyebab mobil sulit di starter yang perlu Anda ketahuai, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Comments